DEMAK – Dalam upaya meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan arsip di lingkungan perangkat daerah, Bupati Demak, Eisti’anah, membuka acara Bimbingan Teknis Sistem Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI). Acara yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dinperpusar) Kabupaten Demak ini diikuti oleh peserta dari perangkat daerah se Kabupaten Demak. Kegiatan ini dilaksanakan Jumat, 17 November 2023, bertempat di aula Dinperpusar.

.

SRIKANDI merupakan langkah inovatif yang diadopsi oleh Pemerintah Kabupaten Demak untuk memperbarui dan menyempurnakan manajemen arsip. Dengan aplikasi ini, diharapkan dapat meningkatkan aksesibilitas, kecepatan, dan ketepatan dalam pengelolaan arsip di semua lapisan perangkat daerah.

Bupati Demak dalam sambutannya menyatakan aplikasi SRIKANDI merupakan wujud penyelenggaraan kearsipan berbasis teknologi informasi sehingga pengelolaan arsip lebih efektif dan efisien. Dengan adanya teknologi ini maka penggunaan kertas menjadi berbasis elektronik dalam birokrasi  atau paperless, ini juga merupakan program unggulan Bupati.

Bupati Eistianah juga menekankan kepada peserta untuk meningkatkan kometensi diri dalam pengelolaan arsip yang efektif. “Kuasai pedoman dan tata cara pelaksanaan arsip untuk mengoptimalkan kinerja.” Imbuhnya.

Acara Bimbingan Teknis ini melibatkan sesi presentasi, diskusi interaktif, dan praktek langsung untuk memastikan bahwa peserta dapat memahami secara mendalam tentang penggunaan SRIKANDI dalam tugas sehari-hari mereka. Materi-materi yang disajikan mencakup langkah-langkah pengelolaan arsip, proses pencatatan surat, dan fungsionalitas admin SRIKANDI.

.

Kepala Dinperpusar Kabupaten Demak, Agung Hidayanto, dalam laporannya menyampaikan bahwa sejak di launching Bulan November tahun 2022, penggunaan aplikasi SRIKANDI pada perangkat daerah baru 13, 87%. Sehingga dengan adanya bimtek ini bisa memacu implementasi SRIKANDI secara penuh. Agung  berharap implementasi SRIKANDI dapat segera diterapkan di semua unit perangkat daerah untuk memberikan dampak positif dalam peningkatan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat.

Dengan berakhirnya acara Bimbingan Teknis Sistem Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI), diharapkan bahwa Kabupaten Demak dapat menjadikan sistem kearsipan ini sebagai langkah progresif menuju pemerintahan yang modern dan efisien. /ah

Kategori: Kearsipan

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *