Peserta foto bersama usai melakukan kunjungan

MRANGGEN – Sekolah binaan PT Bhimasena Power Indonesia, sebanyak 6 sekolah  di Kabupaten Batang berkunjung ke SMP Negeri 3 Mranggen dalam rangka memperkuat program Sekolah Adiwiyata guna menciptakan lingkungan sekolah yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Adiwiyata merupakan program sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan. Dengan prinsip partisipasif dan berkelanjutan, program ini bertujuan untuk mengajak semua warga sekolah untuk cinta dan peduli kepada lingkungan dengan melakukan upaya-upaya peningkatan fungsi lingkungan, pencegahan terhadap terjadinya kerusakan, dan pencegahan terjadinya pencemaran lingkungan.

Studi Banding yang terdiri dari SD Kaenwonorejo 1, SD Negeri Simbang Jati, SD Ponowareng 1, SD Negeri Karanggeneng 2, SD Negeri Ujungnegoro 1, dan MI Ujungnegoro 2. ini bertujuan untuk menambah wawasan dan sharing pengalaman dari SMP Negeri 3 Mranggen yang telah berhasil memperoleh penghargaan sebagai Sekolah Adiwiyata Mandiri sejak 1 Desembet 2022.

Rombongan berjumlah 52 orang diterima langsung oleh Kepala SMP Negeri 3 Mranggen Dr. Drs. Sofwan M.Pd. yang didampingi oleh Ali Mahtum, S.Pd., M.Si selaku Ketua Tim Adiwiyata SMP Negeri 3 Mranggen. Bertempat di Aula Sekolah pada Kamis, 23 November 2023. Selanjutnya melakukan diskusi dan sharing experience mengenai Adiwiyata di ruang. Lab TIK 4.

Dalam kegiatan tersebut hadir pula Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Demak Drs. Sudarwanto, M. Si., dan Tim Adiwiyata Kabupaten Demak. Dalam sambutannya Sudarwanto mengatakan bahwa SMP Negeri 3 Mranggen mencapai predikat sekolah Adiwiyata Mandiri dengan perjuangan yang luar biasa. Dengan tercapainya sekolah adiwiyata Mandiri diharapkan SMP Negeri 3 Mranggen mampu ikut menjaga kelestarian alam.

Sementara itu Suganda dari PT Bhimasena Power Indonesia, PLTU Batang selaku CSR yang turut hadir dengan rombongan tim Adiwiyata Kabupaten Batang ini menyampaikan peran sertanya untuk mendukung beberapa lembaga yang ada di Kabupaten Batang salah satunya dunia pendidikan melalui program Adiwiyata sekolah. Setelah melakukan studi banding di SMP Negeri 3 Mranggen diharapkan peserta menjadi lebih bersemangat untuk bisa mewujudkan sekolah adiwiyata Mandiri di Kabupaten Batang.

Suryani, SH selaku perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Batang menyampaikan dalam proses pemerolehan predikat Adiwiyata Mandiri harus dilakukan secara sungguh-sungguh dan serius. Oleh sebab itu agar tim Adiwiyata dari Kabupaten Batang ini bisa menyerap segala Informasi yang disampaikan oleh tim Adiwiyata SMP Negeri 3 Mranggen.

Sebelum acara berakhir, rombongan tim Adiwiyata dari Kabupaten Batang melakukan  survei lingkungan dan dilanjutkan MOU atau kerjasama antara tim Adiwiyata Kabupaten Batang yang terdiri dari 6 sekolah dengan SMP Negeri 3 Mranggen. Sebagai penutup diberikan cenderamata dari SMP 3 Mranggen kepada tim Adiwiyata dari 6 sekolah yang melaksanakan studi banding. (ah)

Kategori: Wilayah

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *