DEMAK –  dalam rangka memeriahkan HUT ke 78 Kemerdekan RI, di Kabupaten Demak diselenggarakan karnaval kemerdekaan yang ddikuti oleh 90 kelompok peserta. Karnaval yang digelar pada hari Sabtu (19/8/2023) ini melintasi jalan Sultan Fatah – alun alun Demak – Pecinan – Jl Kyai Sngkil – dan finish di perempatan Taman Makan Pahlawan.

Peserta karnaval terdiri dari 2 kategori, yaitu dari kelompok pelajar sebanyak 40 peserta, dan kelompok umum sebanyak 50 peserta. Dalam karnaval tersebur, setiap peserta diberi kesempatan untuk menampilkan atraksi didepan panggung kehormatan, yang berlokasi di depan taman blimbing selama 3 menit.

Antusiame masyarakat membludak, ribuan orang menyaksikan karnaval yang berlangsung sejak pukul 08.30 hingga 14.00 WIB. Farhan, salah seorang penonton warga Kecamatan Karangawen mengaku sangat senang menyaksikan karnaval ini sebagai hiburan bagi masyarakat. “Disamping menghibur juga bisa mengedukasi anak anak akan keberhasilan pembangunan  selama ini”, ujarnya.

Beragam tema ditampilkan oleh peserta karnaval, misalnya dari kecamatan menampikkan potensi kesenian dan hasil pertanian yang ada di wilayahnya, dengan menyusungnya dalam gunungan. OPD Bappelitbangda menampilkan dokumen perencanaan yang menjadi  road map pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Demak. Serta rumah sakit menampilkan layanan unggulannya.

Salah satu peserta karnaval yang menarik perhatian adalah Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DInperpusar) yang menampilkan gapura kerajaan jaman Majapahit. Dengan mengusung buku kuno bertuliskan huruf jawa didepannya.

Rupanya Dinperpusar tengah mengkampanyekan upaya pelestarian naskah kuno, agar terpelihara dan bisa menjadi catatan sejarah perkembangan Kabupaten demak.

Ditemui disela sela karnaval, Kepala Dinperpusar, Agung Hidayanto menjelaskan bahwa saat ini pemerintah melalui Perpustakaan Nasional sedang melakukan registrasi naskah kuno yang dimiliki mssyarakat guna mendapatkan sertifikat ingatan kolektif nasional. “Bahkan beberapa naskah kuno yang terpilih nantinya akan didafarkan ke UNESCO untuk mendapatkan sertifikat Memory of The Word”, pungkasnya. (ah)