DEMAK – Dalam rangka menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia, Pemerintah Kabupaten Demak menggelar lomba tarik tambang antar instansi, Selasa (15/8/2023) pagi.

Kegiatan yang digelar di halaman Kantor Sekretariat Daerah ini diikuti oleh 52 regu putra dan 45 regu putri yang merupakan perwakilan dari Perangkat Daerah, Kodim, Polres, Kemenag, BPN, BUMN, BUMD, RSUD Sunan Kalijaga dan RSUD Sultan fatah serta instansi lain yang ada di Kabupaten Demak.

Lomba tarik tambang ini disambut dengan antusias oleh peserta dan dipenuhi penonton. Terlebih kegiatan lomba ini sempat vakum karena pandemi Covid-19. Sejumlah Kepala Perangkat Daerah terlihat turut mendampingi timnya masing-masing agar mampu meraih kemenangan.

Teriakan demi teriakan terus terdengar dari para supporter yang memberikan dukungan agar timnya mampu tampil agresif dan mengalahkan lawannya. Sementara para pemain terlihat jatuh bangun untuk mengimbangi tarikan dari lawannya.

Selain lomba tarik tambang, tak kalah menariknya ada juga lomba terompah beregu, yang diikuti oleh 54 tim putra dan 51 tim putri.

Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Muh Ridhodin selaku ketua panitia lomba mengatakan lomba-lomba ini digelar dalam rangka memperingati HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia. Tujuannya yaitu untuk melatih kekompakan kelompok. Mengingat lomba tarik tambang dan terompah adalah permainan yang dilakukan secara beregu atau berkelompok, maka pasti membutuhkan kekompakan dari masing-masing anggota tim agar dapat memenangkan perlombaan ini.

“Kekompakan itu ditunjukkan saat anggota tim menentukan strategi, hingga saat berjuang menarik tali tambang. Nah, aktivitas ini bisa melatih kekompakan di dalam sebuah tim, yang nantinya juga berlaku untuk kehidupan sehari-hari,” ujar Ridhodin.

Melalui kegiatan ini Ridhodin mengharapkan seluruh masyarakat senang menyambut kemerdekaan RI dan menghibur masyarakat agar semua orang baik tua maupun muda bersama-sama memeriahkan HUT ke-78 Kemerdekaan RI.

“Saya mengharapkan di tingkat desa dan kelurahan juga melakukan kegiatan yang yang menghibur sehingga semua masyarakat betul-betul menikmati dan mensyukuri kemerdekaan kita ini,” pungkasnya. (ah)

Daftar pemenang

Lomba Tarik tambang putra:

Juara 1 : Dinas Sosial

Juara 2: BPKPAD

Juara 3: Dinperkim

Lomba Tarik tambang putri

Juara 1 : RSUD Sunan Kalijaga

Juara 2 : POLRES

Juara 3 : BPR BKK Demak.

Lomba Terompah Putra:

Juara 1 : KODIM

Juara 2:  Disdukcapil

Juara 3: RSUD Sultan Fatah

Lomba Terompah Putri :

Juara 1 :  RSUD Sunan Kaljaga

Juara 2 : KODIM

Juara 3 : Disdukcapil.