Foto bersama peserta pelatihan dengan narasumber dan Kepala Dinperpusar

Demak – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dinperpusar) Kabupaten Demak menggelar kegiatan literasi berbasis inklusi sosial bagi masyarakat yang dikemas dalam bentuk pelatihan jurnalistik bagi pemula. Pelatihan jurnalistik diikuti oleh 30 peserta yang berasal dari seluruh kecamatan di Kabupaten Demak berlangsung hari Sabtu (12-8-2023) di Aula Dinperpusar dengan menghadirkan narasumber yakni Hasan Hamid yang juga merupakan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Demak.

Dalam pelatihan ini, para peserta mendapatkan materi pengenalan jurnalistik, jenis jenis berita, internet dan sosial media, soft news dan feature. Dalam kegiatan tersebut peserta tampak serius dan semangat dalam menyerap ilmu yang disampaikan pemateri dengan gaya yang ringan dan mudah dipahami. Mereka antusias saat narasumber memberikan materinya. Bukan hanya teori, peserta juga langsung praktek menulis berita maupun feature.

Agung Hidayanto, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak dalam sambutannya menyatakan bahwa peserta yang mengikuti pelatihan ini adalah berdasarkan peminatan. Karena kelas pelatihan ini diumumkan secara terbuka di media sosial, jadi siapa yang berminat bisa mendaftar. “Alhamdulillah, peminatnya sangat banyak, namun kami membatasi hanya 30 pendaftar pertama”.

Agung mengharapkan pasca mengikuti pelatihan ini peserta bisa membuat liputan untuk mempromosikan potensi yang ada di desa masing maisng. “ Bisa potensi wisata, UMKM, maupun kuliner, sehingga lebih dikenal dan menjadi pengungkit  peningkatan  kesejahteraan masyarakatnya.” Untuk menampung kreatifitas peserta dalam menulis, Dinperpusar telah menyiapkan blog sebagai sarananya.

Para peserta tetap bersemangat mengikuti kegiatan sampai selesai.. Seperti ungkapan Adha, salah satu peserta dari Kecamatan Demak Kota, menyatakan pelatihan ini sangat menambah wawasan untuk dirinya dalam membuat tulisan jurnalistik. Dan dia ingin menulis liputan tentang potensi kerajinan yang ada di kampungnya. “Semoga pelaku UMKM Demak semakin terkenal dan tambah laris”, tegasnya. (ah)